Selasa, 14 Agustus 2012

Tips Menjadi Mahasiswa Baru

Menjadi mahasiswa baru memang terkadang bikin kita nervous. Lingkungan baru, teman-teman baru, guru-guru baru, bagaimana kita menghadapi semua itu? berikut akan saya bagikan tips untuk anda :

1. siapkan diri
siapkan diri kita dengan mental dan fisik yang bagus, jangan sampai kita datang ke kampus dengan keadaan yang kurang sehat dan dengan mental yang kurang siap.


2. datang ke kampus tepat waktu
jangan sampai fikiran kita menjadi buyar gara-gara kita terlambat masuk kuliah pada hari pertama. istirahat yang cukup sebelum hari H masuk kuliah, siapkan alarm agar kita dapat bangun tepat waktu

3. perluas Pergaulan
carilah teman yang baru sebanyak mungkin tidak hanya satu angkatan namun juga dapat dengan kakak kelas. Dengan luasnya pergaulan maka akan membantu dirimu untuk di kemudian hari, misal untuk mencari lowongan pekerjaan.

4. berhati-hati dalam pergaulan
Ingat bahwa tidak semua teman mampu memberikan pengaruh positif untuk kita, terkadang banyak teman-teman disekitar kita justru memberikan pengaruh yang kurang baik, oleh karena itu sebaiknya kita berhati-hati dalam memilih teman karena itu akan sangat berpengaruh bagi kepribadian kita.

5.dekat pada dosen
hal ini bisa sangat membantu ketika kita akan skripsi, banyak dosen yang menilai mahasiswanya dengan penilaian subjektif, jadi cobalah untuk dekat dengan dosen-dosen di kampus

6.jadi lah mahasiswa yang aktif
aktif yang saya maksud disini adalah aktif dalam mencari ilmu di kampus. Masa-masa 4 tahun di kampus bukanlah masa yang lama. dan apabila kita hanya mengandalkan dosen untuk mendapatkan ilmu hal itu tidaklah membuat kita maju. Sering-seringlah ke perpustakaan untuk mendapat ilmu tambahan, atau kita dapat browsing di internet untuk mendapat imu yang lebih banyak lagi.

7. ikutilah organisasi
mengkuti organisasi adalah salah satu cara kita belajar untuk bersosialisasi dan belajar dalam hal kepemimpinan. Hal ini akan sangat mambantu apabila kita mengikuti wawancara kerja. akan sangat terlihat sekali perbadaan mahasiswa yang mampu bersikap kepemimpinan atau tidak.

8. kembangkan bakat
tentu kita dapat mengembangkan bakat yang kita miliki dengan mengikuti pengembangan diri di kampus. jadikan hal ini sebagai tempat bagi mu untuk menunjukan bakat yang kalian miliki.

9. buat rencana untuk studi
buatlah rencana-rencana studi yang akan membantu mu dalam kuliah. Jangan sampai kuliah kita menjadi lebih dari waktu yang ditentukan. rencanakan dengan baik agar kita dapat lulus dengan hasil yang memuaskan.

Tidak ada komentar: