Kamis, 09 Mei 2013

Objek Wisata Malang

1. Taman Rekreasi Tlogomas 
Merupakan taman rekreasi tertua di Malang yang terletak di Jalan Baiduri Pandan, Tlogomas (Jl. Simpang Tlogomas No.3 Malang Utara/Lowokwaru). Pertama memasuki kawasan ini yang terlihat adalah suasana asri karena terdapat banyak pohon rindang. Ngalamers cukup membayar Rp. 12.000/orang untuk tiket masuk. Cukup murah bukan? Tlogomas buka setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga 5 sore dan memiliki kolam renang yang selalu jernih. Begitu masuk Ngalamers akan disuguhi berbagai macam miniatur seperti miniatur tujuh keajaiban dunia, replika candi-candi di Indonesia, patung beberapa tokoh kartun seperti Putri Salju dan Batman and Robin, serta beberapa miniatur binatang prasejarah. Bagi Ngalamers yang doyan berfoto, terdapat air terjun yang bagus sebagai spot foto. Air terjun ini mengalir langsung ke Sungai Brantas yang terletak berbatasan dengan Taman Rekreasi Tlogomas.
 2.Taman Rekreasi Sengkaling
Taman Rekreasi Sengkaling terletak di  Jl. Raya Mulyoagung No. 188, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, atau berjarak sekitar10 km dari pusat Kota Malang. Lokasinya sangat strategis karena tepat berada di tepi jalan raya yang menghubungkan antara Kota Malang dengan Kota Batu, sehingga sangat mudah dicapai oleh kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Taman Rekreasi Sengkaling Malang adalah tempat wisata keluarga, sesuai dengan slogannya Wisata Air Impian Keluarga, dan menyediakan berbagai macam wahana permainan demi memanjakan pengunjung, di antaranya adalah taman bermain, wahana permainan di darat dan air, gedung serbaguna, dan kolam pemandian. Luas keseluruhan Sengkaling sekitar 9 hektar dan 6 hektar di antaranya berupa taman dan pepohonan yang menyejukkan. Taman Rekreasi Sengkaling dibuka setiap hari, dengan jam operasional mulai pukul 06.00 hingga pukul 17.00 WIB. Hal ini dimaksudkan untuk memberi keleluasaan kepada masyarakat yang akan melakukan rekreasi sekaligus bersantai bersama  keluarga.
Taman Rekreasi Sengkaling menyediakan beberapa jenis tiket terusan bagi para pengunjung. Untuk tiket masuk biasa Rp. 15.000 ,- belum termasuk harga tiket masuk untuk masing-masing wahana yang harga tiketnya bervariasi tiap-tiap wahana. Harga tiket masuk terusan tergolong lebih murah dan puas dari pada membeli tiket biasa. Tiket terusan untuk orang dewasa yaitu Paket Pinishi Rp 30.000 ,- Dengan tiket ini, pengunjung sudah bisa menikmati beberapa wahana seperti kapal misteri, sepeda air, dunia ikan, kincir angin, Pesona Primitif, bom-bom car, Volcano Adventure, Expression Zone, perahu motor, Goa Salju, dan Merry Go Round. 

3. Kebun Teh- Lawang
Terletak di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kebun Teh Wonosari lebih mudah dijangkau dari Lawang. Kebun dengan luas sekitar 1.144 hektar ini terbagi atas 3 bagian; Kebun Wonosari (Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari), Kebun Gebug Lor (Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang), dan Kebun Raden Agung (Desa Ambal-Ambal, Kecamatan Kejayan).  Untuk masuk ke Kebun Teh Wonosari, Ngalamers cukup membayar Rp. 5.000/orang.

Selain panorama hamparan kebun teh yang luas, kebun ini juga menyuguhkan tempat rekreasi, tempat menginap, serta fasilitas olahraga. Untuk mengelilingi kebun teh yang super luas ini, tersedia sebuah kereta mini. Selain itu, kebun ini juga memiliki sebuah kolam renang air hangat. Jadi, Ngalamers dapat menghangatkan tubuh di tengah udara dingin perkebunan. Bagi yang suka petualangan, tersedia juga sarana outbond dan APV.

4. Selecta - Batu
Selecta adalah Taman Rekreasi Keluarga di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Wisata Batu Jatim. Tepatnya, berjarak 6 km sebelah utara dari pusat Pemerintahan Kota Wisata Batu, atau sekitar setengah jam arah barat dari Kota Malang dan 2 jam perjalanan ke selatan dari Kota Surabaya. Taman Rekreasi Selecta kini mempunyai fasilitas lengkap. Unit Taman Rekreasi yang terdiri dari Kolam Renang Sejarah, Taman 1000 Bunga, Water Park, Out Bound, Flying Fox, Perahu Columbus, Kolam Ikan air tawar, Sepeda Air, Pasar Wisata (Buah, Sayur, Bunga), Area Jogging, Arena Kuda, Aquarium Raksasa dan Goa Singa (Lion Tunnel). Khusus Kolam Renang, airnya asli dari mata air pegunungan yang berasal dari 3 sumber air yaitu Sumber Jobranti 1, Sumber Jobranti 2 dan Sumber Sri Agung yang keseluruhan mata air itu berada di kawasan Selecta.Kalau Anda berrekreasi ke wilayah Jawa Timur, tidak akan lengkap apabila tidak mengunjungi Taman Rekreasi Selecta di Kota Wisata Batu Jatim. Untuk menikmati Selecta, sangatlah terjangkau untuk semua lapisan masyarakat.. Dan Selecta merupakan Jelmaan Sang Dewi Keindahan serta The Small Paradise in East Java. Hanya dengan Rp. 15.200,- para pengunjung sudah bisa dijamin puas dan rileks di kawasan wisata alami dan penuh sejarah ini. 

5. Batu Secret Zoo 
Sebuah alternatif tempat liburan keluarga di Malang, Jawa Timur yang lengkap fasilitasnya. Dibangun di atas tanah seluas 15 ha, kebun binatang ini mampu memberikan beragam sarana edukasi dan rekreasi bagi keluarga. Jatim Park 2 buka mulai pukul 10.00-18.00 WIB.
Tarif :Harga Tiket Paket Wisata Kaget Jawa Timur Park 2 Rp. 40.000,- [*] Senin-Kamis Rp. 50.000,- [**] Jumat-Minggu. Berbagai koleksi binatang lengkap, mulai dari wahana Batu Secret Zoo A yang dihuni oleh berbagai jenis primata, unggas, reptil, landak dan kasuari. Bahkan sepasang merak putih yang langka terdapat dalam kandang raksasa bersama berbagai macam jenis burung.Lalu wahana Akuarium yang berisi ratusan jenis ikan yang indah sekaligus jarang dilihat secara langsung, melengkapi koleksi kebun binatang ini.
Kemudian, atraksi memancing harimau putih dengan ayam, yang dilakukan tepat di atas kandang sang harimau langka tersebut, sangat mendebarkan para pengunjung.
Apalagi lantai tempat pengunjung melihat para harimau ini terbuat dari kaca tebal, hingga memungkinkan mereka berada lebih dekat dengan pertunjukan tersebut.
Tidak hanya harimau putih, singa putih pun ada dalam koleksi Batu Secret zoo. Kandang binatang-binatang buas ini pun tidak dipagari jeruji besi, melainkan kaca-kaca tebal yang memungkinkan pengunjung melihat dari dekat tanpa takut terluka.Jika lelah berjalan, karena memang rute tur keliling kebun binatang ini sangat panjang, maka ada E-Bike atau semacam kursi roda listrik yang bisa disewa dengan tarif sekitar Rp.100 ribu selama 3 jam.Ada pula wahana bermain lengkap dengan water park, serta komidi putar dan rumah hantu yang kesemuanya bisa dicoba gratis.
Untuk Anda yang berasal dari luar kota, sebuah hotel bentuk pohon, bernama Hotel Pohon Inn tersedia dalam kompleks tempat rekreasi tersebut.

6. Bendungan Selorejo

Sudah banyak objek wisata yang menyajikan beragam wahana dan keunggulan untuk memikat para wisatawan baik lokal maupun Mancanegara. Namun Objek wisata satu ini sudah terkenal akan keindahan pemandangan yang disajikan di tempat Wisata Alam Waduk Selorejo ini. Objek Wisata Bendungan Selorejo ini sendiri berlokasi di desa Selorejo Kecamatan Ngantang, berjarak sekitar ± 48 km dari Kota Malang. Waduk yang sudah lama dikelola oleh PT. Jasa Tirta ini menjadi daya tarik wisata yang kuat, dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang sangat menawan membuat objek wisata Alam ini menjadi salah satu tempat wisata favorit masyarakat Malang Raya. Waduk Selorejo ini dikelilingi banyak Gunung mulai dari Gunung Kawi, Gunung Anjasmoro dan Gunung Kelud yang membuat tempat wisata ini semakin unggul dari wisata lainnya yang pernah Anda kenal. Di objek Wisata Bendungan Selorejo ini , Anda dapat menikmati beberapa fasilitas yang memang disediakan untuk melengkapi kebutuhan Anda disana. Mulai dari penginapan, kolam renang, gedung pertemuan, tempat makan, hingga persewaan perahu. Dengan biaya sekitar Rp.10.000,- Anda sudah bisa menikmati keindahan panorama Waduk Selorejo. Setelah puas menikmati keasrian alam di objek wisata ini, Anda bisa menemukan kebun jambu yang berlokasi tidak jauh dari objek Wisata Waduk Selorejo. Dengan hanya membayar Rp.1000,-/orang, Anda sudah dapat menikmati buah jambu sepuasnya yang jarang Anda temukan ditempat lain.

7. Jatim Park II

Jawa Timur Park 2 atau yang disingkat Jatim Park 2 adalah sebuah wahana wisata yang terletak di Kota Batu, letaknya dekat dengan Jatim Park 1 dan Wahana Malam Batu Night Spectacular (BNS). Tepatnya di Jl. Oro-Oro Ombo No.9 Kota Batu, yang bisa ditempuh selama 2 jam perjalanan dari Kota Surabaya.Wahana wisata yang berdiri di tanah seluas 14 hektar ini terdiri dari 3 bagian utama, yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Tree Hotel. Batu Secret Zoo adalah bagian utama wahana Jatim Park 2 ini. Yaitu berupa kebun binatang mini namun memiliki koleksi satwa yang lumayan banyak, baik satwa asli Indonesia maupun satwa yang didatangkan dari luar negeri. Di Secret Zoo ini sobat bisa melihat berbagai satwa unik, seperti monyet terkecil di dunia, kura-kura dan tikus terbesar di dunia. Di bagian Reptil Garden di dalam kebun binatang ini kita bisa melihat beberapa jenis binatang melata seperti buaya dan ular. Di sisi luarnya terdapat wahana akuarium yang menampilkan beberapa spesies ikan baik air tawar maupun air laut. Di Secret Zoo kita juga bisa menjumpai berbagai jenis burung di Wahana Savannah. Selain itu juga ada harimau dan singa putih.Berlanjut ke Museum Satwa yang berada di sebelah Batu Secret Zoo. Museum satwa ini memiliki bangunan yang sangat mirip dengan White House di Amerika Serikat. Di dalam Museum Satwa ini terdapat banyak sekali satwa (telah diawetkan) yang dipajang dan beberapa fosil berbentuk Dinosaurus. Pertama kali masuk ke dalam museum, pengunjung akan menjumpai sebuah sangkar burung raksasa yang didalamnya dihias seperti taman bunga dan patung burung. Disini pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang sangkar tersebut. Harga tiket terusan untuk masuk ke Jatim Park 2 ini sebesar Rp 60.000 (Batu Secret Zoo + Museum satwa) pada hari biasa dan Rp 75.000 pada akhir pekan. Bila sobat hanya ingin ke museum satwa saja, sobat cukup membeli tiket seharga Rp 20.000.

Tidak ada komentar: